Saturday, October 1, 2011

Ini Alasan Irwandi Menjadi Pendaftar Pertama

BANDA ACEH – Pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Aceh Irwandi Yusuf–Muhyan Yunan tadi siang telah mendaftarkan diri ke kantor Komisi Independen Pemilihan Aceh. Pasangan ini yang pertama mendaftar sebagai bakal calon dari jalur perseorangan. Lalu, apa alasan Irwandi mendaftar sebagai yang pertama?


“Alasan saya adalah untuk memberikan kekuatan kepada KIP dan membuat calon-calon lain berani mendaftar,” kata Irwandi Yusuf kepada sejumlah wartawan dalam konferensi Pers, Sabtu (1/10), di Media Center KIP Aceh. Dia menyarankan calon-calon lain juga segera mendaftarkan diri.

Irwandi menyatakan siap mundur dari jabatannya sekarang sebagai Gubernur Aceh, jika telah ada ketentuan dari KIP Aceh. “Kalau memang harus mundur maka saya akan mundur,” katanya.

Pengunduran diri, tambah Irwandi, akan dilakukan jika telah ada permintaan dari KIP. “Nanti kan ada proses verifikasi, kapan diminta mundur maka kita mengikuti aturan.”

Sebelumnya, saat penyerahan perbaikan berkas dukungan dan persyaratan oleh tim Seuramoe Irwandi-Muhyan, Ilham Saputra, Wakil Ketua KIP Aceh menjelaskan, secara administrasi pendaftaran bakal calon tersebut sudah lengkap tinggal memasuki tahap verifikasi saja. “Verifikasi nantinya dilakukan dengan pantauan panwas dan sesuai perundang–undangan yang ada,” kata Ilham.

Menurut Irwandi jumlah dukungan yang diantarkan timnya tadi lebih kurang 160 ribu kartu tanda penduduk. “Saya tidak ingat tepatnya,” kata Irwandi.

Dia menambahkan, proses pengumpulan dukungan tersebut termasuk perjuangan berat bagi dirinya karena mengeluarkan biaya besar dan mendapat berbagai kesulitan serta isu-isu tak menyenangkan baginya.

“Tapi yang membuat saya happy banget, KTP terbanyak didapatkan dari wilayah Pidie. Entah itu bantuan dari Ketua KIP yang menyuarakan ke Pidie,” canda Irwandi yang disambut tawa seisi aula KIP. Irwandi berharap apa yang dilakukan KIP berjalan baik sesuai aturan hukum hingga pencoblosan.

Ketua KIP Aceh Abdul Salam Poroh menyatakan, sesuai keputusan KIP telah membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Aceh yang memenuhi syarat untuk maju dan tampil sebagai bakal calon kandidat, baik gubernur, wali kota, maupun bupati serta pasangannya. “Kita sudah berusaha maksimal. Kita lihat saja nanti siapa calon-calon yang akan sesuai dengan pilihan hati rakyat,” kata Poroh.

Dia menambahkan, sebagai penyelenggara KIP sudah melakukan sesuai aturan yang ada. “Jika memang ada penyimpangan-penyimpangan silakan membawa ke pengadilan,” ujarnya.

Poroh juga menegaskan, saat penerimaan pendaftaran Irwandi-Muhyan, dia tidak memandangnya sebagai gubernur, tapi sebagai bakal calon gubernur yang bakal bertarung di bursa Pilkada Aceh 2011. “KIP juga akan menerima calon-calon lainnya selain Irwandi hingga tanggal 7 mendatang.”[]


Sumber:"Atjehpost.Com"

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More