Wednesday, September 28, 2011

Gubernur Teken Izin Pemeriksaan Ilyas

Banda Aceh | Harian Aceh – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menandatangani surat izin pemeriksaan Ilyas Abubakar, anggota DPRK Pidie yang diduga terlibat pemukulan terhadap Tgk Saiful Bahri, khatib Jumat di Mesjid Raya Keumala, Pidie.

“Surat izin untuk memeriksa Ilyas sudah diteken Gubernur Irwandi Yusuf tadi sore (kemarin) dan langsung diantar ke Polda Aceh pada pukul 15.30 WIB,” kata Makmur Ibrahim, Kepala Biro Hukum dan Humas Setda Aceh, Selasa (27/9).

Dijelaskannya, surat izin itu diterima dari Polda Aceh sekitar pukul 11.00 WIB siang kemarin dan setelah dipelajari isi surat itu, langsung dibuat surat izin untuk dibolehkan polisi memeriksa Ilyas Abubakar. Surat izin pemeriksaan terhadap anggota dewan dari Partai Aceh ini bernomor 180/29695, tanggal 27 September 2011, perihal persetujuan izin pemeriksaan terhadap anggota DPRK Pidie atas nama Ilyas Abubakar.

Sebelumnya Kapolda Aceh Irjen Pol Iskandar Hasan mengatakan surat izin itu diperlukan karena Ilyas Abubakar merupakan anggota DPRK Pidie. “Karena yang bersangkutan menjabat anggota dewan, maka harus ada izin dari gubernur untuk memeriksanya terkait pemukulan Saiful Bahri, khatib Jumat di Mesjid Raya Keumala,” katanya.

Mengenai dua tersangka lain yakni Zulkifli dan Mukhtaruddin yang dikenakan wajib lapor setiap hari Senin dan Kamis, berkasnya kini telah dikirim ke Penuntut Umum di Kejari Sigli.

Sementara itu, Ilyas Abubakar balik melapor Tgk Saiful Bahri ke polisi atas pencemaran nama baik dirinya. “Dalam penanganan pengaduan Ilyas Abubakar terhadap Tgk Saiful Bahri yang diduga melakukan penistaan dan penghinaan, penyidik kemudian memanggil tiga orang saksi yang ikut salat Jumat saat kejadian itu,” sebut Kapolres Pidie AKBP Dumadi SSt Mk melalui Kasat Reskrim AKP Jatmiko, kepada Harian Aceh, Minggu (25/9).

Ia menyebutkan, pihak penyidik tetap menindaklanjuti pengaduan Ilyas Abubakar, karena semua pihak memiliki hak yang sama, baik tersangka maupun korban. “Menangani pengaduan itu, kami tetap bersikap netral,” katanya.(bay)


Sumber:"harian-aceh.com"

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More