Wednesday, January 4, 2012

Irwandi: Insiden Penembakan Tak Ganggu Keamanan Aceh

Banda Aceh - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan, sejumlah insiden penembakan yang terjadi beberapa hari terakhir di provinsi yang dipimpinnya, tidak mengganggu keamanan masyarakat.

"Sejumlah penembakan yang menewaskan beberapa orang tersebut tidak mengganggu keamanan Aceh secara umum. Saya berharap kepolisian dapat menangkap pelakunya secepatnya," kata Gubernur Irwandi, di Banda Aceh, Senin (2/1).

Pernyataan tersebut disampaikan Irwandi Yusuf, usai menghadiri penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Hotel Hermes, Banda Aceh.

Irwandi hadir ke tempat itu sebagai calon gubernur, berpasangan dengan Muhyan Yunan yang merupakan calon wakil gubernur pada pilkada 16 Februari 2012.

Ia menduga, kasus penembakan tersebut sepertinya diarahkan untuk tujuan tertentu. Kendati begitu, ia belum bisa memastikan apakah insiden penembakan itu untuk tujuan mengganggu keamanan jelang pilkada atau tidak.

"Tampaknya, sejumlah penembakan tersebut diarahkan kepada warga pendatang. Apa motifnya pelaku menembak korban juga belum diketahui. Saya berharap polisi dapat mengungkap semuanya," ujar dia.

Menurut Gubernur, kepolisian tidak akan kesulitan mencari siapa pelaku penembakan tersebut. Namun, untuk mengungkap kasus tersebut perlu dukungan dan informasi masyarakat.

"Saya pikir polisi tidak sulit mencari pelakunya. Masyarakat juga diminta memberikan informasi jika mengetahui siapa pelaku penembakan tersebut," imbau Irwandi Yusuf.

Sebelumnya, tiga penembakan terjadi di sejumlah tempat di Provinsi Aceh, sejak malam tahun baru 2012. Di Banda Aceh, seorang pekerja toko mainan di kawasan toko Ulee Kareng, tewas ditembak, Sabtu (31/12) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kemudian, di Kabupaten Bireuen, sekitar 230 kilometer dari Kota Banda Aceh, tiga pekerja luar Aceh tewas ditembak, Sabtu (31/12). Selain korban jiwa, tujuh pekerja lainnya mengalami luka tembak.

Serta penembakan di kawasan Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (1/1) sekitar pukul 20.00 WIB, yang menewaskan seorang warga dan seorang lainnya kritis. [TMA, Ant]


Sumber:"Gatra"

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More