Tuesday, January 3, 2012

Calon Gubernur Aceh Tarik Nomor Urut

Banda Aceh - Empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Senin, 2 Januari 2012, melakukan penarikan nomor urut sebagai peserta pemilihan kepala daerah Provinsi Aceh di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh.

Acara berlangsung dalam rapat pleno terbuka Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Selain empat pasangan calon juga hadir masing-masing tim suksesnya.

Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2012-2017 adalah Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah, Darni M. Daud-Ahmad Fauzi, serta Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah. Dari seluruh kandidat, hanya Muhammad Nazar--saat ini menjabat Wakil Gubernur Aceh--yang tidak hadir.

Hasil penarikan nomor urut: pasangan Abi Lampisang-Teuku Suriansyah mendapat nomor urut 1. Disusul Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan dengan nomor urut 2, Darni M. Daud-Ahmad Fauzi nomor urut 3, dan duet Muhammad Nazar-Nova Iriansyah nomor urut 4.

Ketua KIP Aceh, Abdul Salam Poroh, kemudian menetapkan nomor urut tesebut seperti tertuang dalam SK No 26/2011 tentang tahapan pilkada. “Setelah ditetapkan menjadi kandidat tetap dan nomor urut, para kandidat harus memperhatikan larangan kampanye yang bukan pada waktunya,” kata Salam Poroh.

Menurut dia, dua kandidat yang saat ini menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh--Irwandi Yusuf dan Muhammad Nazar--harus memperhatikan beberapa ketentuan saat berkampanye. “Saat kampanye harus mengambil cuti kerja,” ujarnya.

Sesuai dengan ketetapan KIP Aceh, masa kampanye akan dilakukan pada awal Februari 2012 mendatang. Selanjutnya pemungutan suara akan dilakukan pada 16 Februari 2012 secara serentak bersamaan dengan pemilihan bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota di 17 daerah di Provinsi Aceh.

ADI WARSIDI

Sumber:"Tempo.Com"

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More